Social Icons

Pages

Selasa, 03 Maret 2015

5 Senjata Paling Aneh di Perang Dunia II

(foto: listverse)

Selama Perang Dunia II, banyak penemuan-penemuan baru dalam hal persenjataan, misalnya saja bom atom. Selain bom atom, ada juga penemuan senjata-senjata yang terbilang aneh yang digunakan selama Perang Dunia II berlangsung.

Dilansir Listverse, berikut beberapa senjata paling aneh namun cukup mematikan ketika Perang Dunia II.

5. Kapal Selam X-Class 

(foto: listverse)

X-Class merupakan sebuah kapal selam kecil yang dibuat oleh Royal Navy selama PD II berlangsung. Kapal selam ini hanya memiliki panjang 15,55 meter dan hanya bisa membawa 4 awak saja termasuk komandan, navigator, enginer, dan pengemudi.

Kapal selam ini dirancang untuk memancing musuh masuk ke wilayah jangkauan serangan kapal selam induk. Serangan pertama kapal selam ini dilincurkan terhadap kapal perang Jerman, Bismarck. Ada enam kapal selam jenis kala itu, tapi dua di antaranya menghilang, tiga lainnya mengalami kerusakan, dan yang satu lagi diduga hancur oleh pasukan Jerman.

4. Ohka, Pesawat Bunuh Diri

(foto: listverse)

Pesawat Ohka dibuat oleh pasukan Jepang dalam upaya terkahir menghancurkan armada Amerika Serikat. Ohka merupakan pesawat kamikaze (bunuh diri) yang dipersenjatai dengan hulu ledak yang beratnya mencapai 1.200 kilogram.

Cara kerja pesawat ini adalah dengan cara menabrakkan pesawat tersebut pada target yang dituju. Seblum mengenai sasaran, kecepatan pesawat ini akan bertambah mencapai 650 meter per jam.

Ada lebih dari 800 kapal Ohka yang dibuat kala itu, namun hanya sedikit yang digunakan karena waktu itu bom atom sudah mendarat di Jepang sebelum semua kapal itu bisa digunakan.

3. Anjing Anti-Tank

(foto: listverse)

Dalam upaya mengehentikan serangan Jerman pada tahun 1941, pasukan Uni Soviet menggunakan anjing sebagai senjata untuk mencoba menghentikan serangan tank pasukan Jerman.

Setiap anjing dilengkapi dengan ranjau 10-12 kg. Detonator itu melekat pada tuas kayu yang di bawa anjing tersebut. Pada saat anjing itu sedang berada di bagian bawah tank musuh, secara otomatis detonator tersebut akan meledakkan ranjau tersebut dan menghancurkan tank termasuk anjingnya juga.

Meskipun kedengarannya sangat efektif, pada kenyataannya banyak anjing yang kabur gara-gara suara tembakan. Sebagian lagi menolak masuk ke bagian bawah tank musuh karena belum terlatih. Namun, beberapa di antaranya ada yang berhasil juga. Soviet mengklaim 300 tank Jerman hancur karena aksi anjing anti-tank ini.

2. Bom Kelelawar

(foto: listverse)

Setelah Pearl Harbour diserang oleh pasukan Jepang, Amerika Serikat memiliki ide konyol yang mengusulkan ratusan kelelawar harus ditangkap dan sebuah bom harus ditempelkan pada masing-masing kelelawar

Kelelawar yang sudah ditangkap akan ditempatkan dalam sebuah alat yang kemudian bisa menjatuhkan bom. Sebuah parasut juga ditempelkan pada tubuh kelelawar untuk memperlambat penjatuhannya. Ketika bom jatuh, maka kelelawar tadi tidak akan ikut jatuh sehingga mereka memiliki kesempatan untuk melarikkan diri.

Namun, ketika kelelawar itu melarikkan diri, mereka akan tinggal di beberapa bangunan kota di Jepang. Nah, pada saat itu masih ada bom waktu yang menempel di tubuh kelelawar tadi dan kemudian akan meledak menghancurkan bangunan-bangunan kota.

Beruntungnya, proyek bom kelelawar ini dibatalkan pada tahun 1944, karena pada waktu itu AS sedang mengembangkan bom atom.

1. Rudal Kendali Burung Merpati

(foto: listverse)

Psikolog Amerika Serikat B.F.Skinner, memiliki ide yang cukup rumit sebagai cara untuk mengendalikan misil agar tepat pada sasaran. Cara tersebut adalah dengan cara menempatkan seekor merpati ke dalam misil.

Sebuah gambar yang menjadi sasaran akan diproyeksikan di depannya dan merpati akan dilatih untuk mengenali targetnya. Namun karena terlalu rumit, proyek misil kendali ini pun dibatalkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
 
Blogger Templates