Minggu, 15 Februari 2015

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal


Ginjal adalah organ tubuh yang paling penting yang berfungsi menyaring darah, menyerap mineral, menteralkan zat asam, dan membuang racun lewat air seni. Jadi jika ginjal sudah tak berfungsi lagi, memungkinkan seseorang untuk melakukan cuci darah setiap minggunya ke dokter. Tentunya dengan biaya yang tak sedikit.

Pastinya Anda tidak ingin mengalami gangguang kesehatan pada ginjal Anda. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Anda harus mulai membuang kebiasaan buruk ini yang bisa membuat ginjal jadi rusak. Berikut 5 kebiasaan buruk yang bisa membuat ginjal Anda jadi rusak, seperti dilansir carakhasiatmanfaat.com.

5. Kurang minum air putih

Fungsi ginjal yang utama adalah untuk menghilangkan racun hasil metabolisme tubuh. Proses itu dibantu oleh air putih. Jadi, jika Anda kekurangan minum setiap harinya, maka racun-racun tersebut akan menumpuk dan pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

4. Sering menahan pipis

Jangan anggap sepele dampak buruk apa yang disebabkan jika Anda sering menahan pipis. Menahan keluarnya air urin akan memberikan beban yang lebih pada ginjal. Kemudian jika terus-menerus sering menahan pipis, bukan tidak mungkin lagi Anda akan menderita gagal ginjal, batu ginjal, dan inkontinensia.

3. Banyak mengonsumsi garam

Natrium dari garam memang diperlukan tubuh. Namun, jika asupan garam ke dalam tubuh terlalu berlebihan hal itu bisa membuat tekanan darah jadi tinggi yang pada akhirnya akan membebani ginjal. Oleh karena itu, kurangi asupan garam setiap harinya, jangan sampai lebih dari 5 gram.

2. Suka minum kopi berlebihan

Kafein dalam kopi memiliki efek yang buruk jika asupannya terlalu berlebihan. Hal itu bisa menyebabkan tekanan darah jadi naik dan ginjal akan terbebani. Seiring berjalannya waktu, jika Anda sering minum kopi setiap harinya, maka ginjal Anda bisa mengalami kerusakan.

1. Kurang tidur

Memiliki waktu tidur yang kurang dikatikan dengan berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya penyakit ginjal. Pada saat malam hari ketika Anda tidur, maka tubuh Anda akan melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh termasuk jaringan pada ginjal Anda. Jadi, jika tubuh Anda kurang istirahat saat malam hari, jaringan-jaringan yang rusak tadi tidak akan diperbaiki dan lama kelamaan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

0 komentar:

Posting Komentar