Rabu, 18 Februari 2015

5 Makanan Ampuh Untuk Mengurangi Stres


Stres memang bisa menyerang Anda kapan saja dan di mana saja. Biasanya, stres suka dikatikan dengan pekerjaan yang melelahkan, makanan yang tidak sehat, masalah yang berat, dan kondisi lingkungan yang kurang baik.

Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa stres dapat menurunkan sistem imun tubuh, dan akhirnya menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, ketika stres mulai menghampiri, segera atasi dengan makanan-makanan sehat dan alami ini.

Seperti dikutip Brighter Life Indonesia, berikut kami rangkum beberapa makanan yang ampuh mengurangi stres Anda.

5. Teh Hijau

Untuk mengurangi stres banyak orang memilih minuman yang tidak sehat seperti soft drink atau bahkan minuman beralkohol. Bukan menurunkan stres, malah minuman tersebut akan memperburuk keadaan. Jadi, lebih baik ambil secangkir teh hijau hangat untuk menenangkan pikiran Anda.

Teh hijau memang memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan menyehatkan mata. Selain itu, teh hijau juga mengandung asam amino yang dapat menenangkan otak.

Dr. Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering Jepang menemukan bahwa nenek atau kakek yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau sehari jarang mengurangi depresi, meskipun mereka tinggal hanya sendirian jauh dari kerabat dan teman.

4. Susu

Selain teh hijau, minuman lainnya yang bisa Anda pilih untuk mengurangi stres adalah dengan meminum susu.

Hal itu dibuktikan dengan sebuah penelitian Marry Dallman, PhD, profesor fisiologi di University of California, San Francisco, yang menyebutkan bahwa kandungan kalsium dalam susu sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan juga bisa menenangkan saraf.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah susu rendah lemak. Karena hal itu juga sangat baik untuk kesehatan.

3. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah dari keluarga berry yang paling ampuh usir stres. Menurut sebuah studi, Health Study, buah yang banyak tumbuh di Amerika Serikat ini memiliki antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres berat.

Namun, kalau Anda merasa kesulitan menemukan buah buleberry, Anda juga dapat menggantinya dengan strawberry.

2. Es Krim

Makanan yang satu ini memang banyak digemari oleh semua orang, baik itu anak-anak atau dewasa. Es krim juga dianggap sebagai obat yang manjur untuk menghilangkan stres.

Jika kepala panas karena terlalu banyak berpikir, dinginnya es krim dapat mendinginkan pikiran Anda, menurut Bright Friends. Hal itu pun disetujui oleh University of California, yang menyebutkan kandungan susu dan krim dalam es krim memiliki banyak asam amino tryptophan yang mampu menenangkan otak kita

1. Cokelat Hitam

Jika Anda merasa takut gemuk ketika mengonsumsi cokelat, coba pilih dark cokelat agar stres kamu hilang.

Menurut penelitian yang dilakukan ACS Journal of Proteome Research, memakan 1 ons cokelat hitam sehari dalam 2 minggu dapat meredakan stres Anda. Hal ini karena kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar