Social Icons

Pages

Sabtu, 14 Februari 2015

6 Kisah Robin Hood di Kehidupan Nyata


Masih ingat dengan kisah Robin Hood, mencuri dari orang kaya untuk dibagikan kepada orang-orang yang sengsara. Mungkin kamu hanya mengenal sosok Robin Hood di belakang layar saja, tapi di dunia nyata juga ada orang-orang yang bersikap seperti Robin Hood.

Mereka rela terjerat hukum bahkan sampai ada yang ditembak mati hanya gara-gara mencuri untuk dibagikan kepada orang yang miskin. Bahkan di antara beberapa Robin Hood ini ada yang menduduki jabatan sebagai Walikota.

Dilansir Oddee, berikut 9 kisah Robin Hood di kehidupan nyata.

6. Leonarda Emilia - Robin Hood versi wanita


Leonarda Emilia adalah seorang wanita dari Meksiko yang berambisi balas dendam setelah kekasihnya yang merupakan seorang prajurit Perancis dieksekusi mati oleh Pemerintah Meksiko. Sejak kejadian itu, ia dijuluki "La Carambada", bandit yang merampok dari pria kaya, lalu memberikannya kepada orang-orang yang kurang beruntung.

Ada trik unik yang dilakukan Emilia ketika mencuri. Setiap kali ia merampok seseorang, ia akan menunjukkan payudaranya kepada korban yang kebanyakannya pria. Dengan trik seperti itu, pria yang jadi korban akan merasa malu dan memberikan kesempatan kepada Emilia untuk merampok lalu melarikan diri. Namun, kisahnya berakhir ketika ia ditembak oleh polisi.

5. Salvatore Giuliano - Robin Hood berwajah tampan


Seorang bandit terkenal dari Italia bernama Salvatore Giuliano memiliki julukan "Sisilia Robin Hood", bandit tampan yang telah banyak merampok harta orang kaya, dan membagikan harta curian itu kepada orang-orang miskin.

Salvatore bersama 600 pengikutnya telah menewaskan lebih dari 100 petugas polisi dan 40 warga sipil, serta merampok lebih dari $1 juta selama karirnya kriminalnya. Sampai pada akhirnya ia tewas dengan dugaan diracun oleh rekannya.

4. Juan Manuel Sanchez Gordillo - Robin Hood yang sudah jadi Walikota


Ternyata Robin Hood tak hanya berasal dari golongan orang menengah ke bawah, orang sekelas Walikota pun bisa menjadi sosok Robin Hood.

Juan Manuel Sanchez Gordillo adalah Walikota Marinaleda, Spanyol, yang merampok supermarket dan membagikan hasilnya kepada orang miskin. Kejadian itu terjadi pada Agustus 2012 lalu, di mana Gordillo bersama pendukungnya merampok setidaknya dua supermarket.

"Ada orang-orang yang tidak memiliki uang cukup untuk makan. Di abad ke-21, ini merupakan aib mutlak," kata Gordillo.

Sepertiga dari angkatan kerja di kota ini memang banyak yang menganggur, sehingga mereka dihadapkan pada kehidupan yang sulit.

Beberapa orang yang terkait dengan perampokan ditangkap pihak berwenang, sementara Gordillo dilindungi oleh kekebalan politiknya.

3. Jesus Malverde - Robin Hood yang diidolakan oleh bandar narkoba


Orang ini dikenal sebagi Robin Hood Meksiko sampai ia ditembak mati oleh polisi pada tahun 1909. Sejak kematiannya, banyak orang yang tetap menghormati jasa-jasa Malverde. Di antara penggemarnya, siapa yang paling fanatik mengidolakan Malverde? Tak lain adalah seorang bandar narkoba.

Malverde dianggap sebagai pelindung para pengedar narkoba. Sebuah kuil pun dibangun di atas makamnya di Culiacan, Sinoloa, negara bagian Meksiko, dalam rangka untuk menghormatinya. Kota tersebut terkenal dengan barang-barang haramnya seperti ganja dan opium.

Berbagai macam pernak-pernik berwajah Malverde pun sangat berserakan di seberang perbatasan wilayah ini. Mulai dari lilin, patung, rosario, produk kamar mandi, hingga nama Malverde dijadikan merek sebuah bir.

2. David Bastar - Robin Hood pencuri roti


Kisah Robin Hood ternyata menginspirasi pria asal New York ini, David Bastar. Pria berusia 30 tahun itu nekat mencuri banyak roti di sebuah rumah produksi roti, Grimaldi. Lalu, membagikannya kepada orang yang kelaparan.

Aksi David dimulai pada pukul 03:00 dini hari, Mei 2014 lalu. Ketika itu David hanya mengenakan celana dalamnya lalu mencuri sebuah truk roti serat bernilai US$ 8.000 (Rp 100 juta) di Upper East Side, New York City.

Bandit roti itu kemudian memutuskan untuk membagikan roti-roti yang dicurinya kepada orang-orang yang membutuhkan. Namun sayang aksi Robin Roti ini harus berhenti ketika ditangkap polisi.

"Saya pernah mendengar tentang kisah Robin Hood, laki-laki bercelana ketat - Tapi bagaimana dengan Robbing Bread (Robin Roti)," ujar David.

1. Bos Yu - Robin Hood dari China


Dijuluki "Bos Yu" oleh teman-temannya, Yu dikenal sebagai orang dermawan baik hati yang menyumbangkan hartanya untuk kesejahteraan penduduk lokal dan organisasi amal lainnya. Namun, masyarakat mulai mengenal sisi lain dari pria berusia 27 tahun itu ketika ia ditangkap atas tuduhan pencurian pada Desember 2014.

Semuanya berawal ketika banyak laporan dari warga yang tinggal di apartemen yang melaporkan bahwa banyak barang-barang yang hilang, muali dari perhiasan, komputer tablet, dan barang-barang lainnya.

Penyelidik pun menyimpulkan bahwa pencuri menyusup ke rumah-rumah korban melalui saluran gas untuk mencuri properti yang jika dijumlahkan bernilai US$ 80 ribu lebih atau sekitar Rp 1 miliar.

Setelah diselediki lebih lanjut, pihak investigasi menemukan bahwa Yu telah berbulan-bulan tinggal di hotel berbintang lima. Tak diragukan lagi, dana yang ia gunakan merupakan hasil dari barang curiannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 
 
Blogger Templates