Rabu, 26 November 2014

Cara Membuat File PDF

imageSebenarnya banyak website yang menyediakan fasilitas online-nya untuk meng-convert file ke dalam sebuah file pdf, tapi apakah Anda yakin dengan privasi file itu, hati-hati loh ya.
Padahal ada banyak manfaatnya file PDF itu, disamping filenya lebih bisa terkompres sehingga ukuran filenya lebih kecil, PDF juga menyatukan beberapa file menjadi 1 file yang dinamis, readernya juga sebuah software yang gratis disediakan oleh www.adobe.com , dan setiap PC di dunia ini serasa kurang lengkap tanpa adanya software yang bernama Acrobat Reader. Jadi jangan khawatir, setiap orang, setiap perusahaan dll dijamin pasti bisa membuka file yang bernama atau berekstensi PDF ini.
File2 instalasi disini dan software ini sifatnya adalah GRATIS atau FREE yang disediakan oleh providernya, silahkan cek disini.

Kita mulai aja!!!
Installation Requirements :
Supports Microsoft Windows 98/ME/2000/XP/2003/Vista (x32/x64).
Pertama, unduh file bernama Converter.exe disini. Kedua, unduh file bernama CuteWriter.exe disini. Setelah 2 file tersebut selesai diunduh, lakukan extract untuk file yang berekstensi zip. Setelah selesai ekstrak file zip sekarang lakukan instalasi mulai dari Converter.exe lalu CuteWriter.exe
Sekarang lakukan pengecekan dari Control Panel pada PC Anda, buka pada Printer and Faxes, lalu perhatikan apakah CutePDF Writer sudah terpasang didalamnya sesuai gambar berikut ini atau belum.??? Ingat gambar dibawah ini hanya terdapat pada Windows XP kalau di Windows Vista pasti lain… hehehe…

Nah kalo sudah berarti prosesnya sudah selesai.
Sekarang coba buka salah satu file dukumen word anda, lalu lakukan print seperti anda mau print file anda itu. Klik File lalu Print, nah pilih print anda pada CutePDF writer seperti gambar dibawah ini

dan boleh juga setting pada propertiesnya.

Lalu klik print maka CutePDF Writer akan membuat sebuah file pdf

Lalu save dan simpan dalam hardisk Anda. Mudah bukan...??? Apapun filenya, kalau dibuka dengan sebuah aplikasi yang mempunyai fasilitas print, berarti Anda telah bisa membuat file pdf, misalnya dari Office, Browser, Photoshop, Corel, Windows Image and Fax viewer, dll masih banyak lagi.
Nah disini dituntut kejelian anda untuk mencetak file2 anda, kalau misalnya ada gambar2 dan lain-lain, harus dijadikan 1 dulu dalam 1 file word misalnya, lalu barulah anda bisa memperoleh hasil file pdf itu.
Disini akan banyak keterbatasannya, kita tidak bisa men-delete salah satu page misalnya atau meng-insert sebuah file ke dalam file pdf yang telah Anda buat, nah kalau seperti itu masalahnya, Anda harus instalasi Adobe Acrobat Professional, banyak sekali fasilitas yang terdapat disana.


SELAMAT MENCOBA!!!

0 komentar:

Posting Komentar