Selasa, 18 November 2014

Sejarah Penghancuran Fasilitas Nuklir Irak Oleh Israel

Ilustrasi Penghancuran Fasilitas Nuklir Irak Oleh Israel  WidanaNews - Pada tanggal 7 Juni 1981, salah satu misi serangan jarak jauh yang paling terkenal dan berbahaya dalam sejarah Angkatan Udara Israel digelar.

Israel memutuskan untu
k membeli F-16 yg lahir setelah Perang Yom Kippur. Salah satu evaluasi dari perang tersebut adalah bahwa Angkatan Perang negara Yahudi itu membutuhkan pesawat multirole baru yang lebih canggih, relatif murah untuk melengkapi F-15 milik mereka.

Negosiasi dengan AS untuk mendapatkan F-16 dimulai tahun 1975. Setelah tertunda beberapa tahun karena adanya ketegangan di Timur Tengah, pembelian Fighting Falcon akhirnya bisa selesai pada 1979 sebagai hasil dari perjanjian damai Camp David antara Israel dan Mesir.

F-16 pertama dikirim ke IAF pada tahun 1980 dan disusul pada tahun berikutnya, meski belum semua pesawat selesai diserahkan , pesawat-pesawat tersebut sudah diikutkan dalam sebuah operasi yang paling terkenal dalam sejarah Angkatan Udara negara tersebut, Yakni "Operasi Opera".

Operasi ini bertujuan untuk menghancurkan pembangkit nuklir Irak yang dikenal dengan Osirak atau juga disebut dengan Tamuz 1, di Al Tuwaitha, Berada di 12 km sebelah tenggara Baghdad.

Seperti yang dijelaskan oleh Bill Norton dalam bukunya Air War on the Edge, A History of the Israel Air Force and its aircraft since 1947. Israel Air Force (IAF) melakukan serangan menyusul pernyataan permusuhan Saddam Hussein. 

Israel takut sebuah fasilitas yang dibangun bersama Prancis di negara tersebut sebagai sebuah pusat produksi nuklir.

IAF pun mulai menggelar latihan dan simulasi yang dilakukan di Negev dengan menggunakan sebuah bangunan yang diibaratkan sebagai instalasi nuklir Irak. Simulasi pertempuran dilakukan pada Agustus dan September 1980.

Setelah misi pelatihan selesai IAF mulai menetapkan tanggal. Dari empat tanggal yang dipilih tiga di antaranya batal. Operasi semula akan digelar pada hari Minggu 10 Mei 1981. Pilot sudah naik ke pesawat tetapi dibatalkan karena khawatir beberapa karyawan Prancis yg masih berada di pabrik nuklir Irak tersebut.

Akhirnya pada 7 Juni 1981 jam 15.55 waktu setempat Operasi Opera diluncurkan. Delapan F-16, dari Skadron 117 dan 110 yang berbasis di Ramat David lepas landas dari Etzion dikawal oleh enam F-15, sementara E-2C Hawkeye ditugasi sebagai kontrol peringatan dini. Beberapa CH-53 yang bertugas sebagai pasukan evakuasi juga dikerahkan di dekat perbatasan.

F-16 ini dipersenjatai dengan dua bom Mk. 84, dua AIM-9J Sidewinder, dua 370 gal. Mereka juga membawa tangki eksternal di bawah sayap dan satu tangki 300 di bawah perut pesawat.

Seperti yg diceritakan oleh Norton, jet Israel terbang lebih dari 600 mil di langit tiga negara yang sebenarnya menjadi musuh mereka yakni Arab, Jordan dan Irak sendiri. Ketika berangkat mereka melintasi langit bagian utara Arab Saudi. Untuk menghindari radar, F-16 terbang rendah antara 150 dan 300 kaki.

Pada 17.35 dengan matahari di belakang mereka akan menyulitkan setiap upaya mencegat. Pesawat tiba di atas target. Sebelum melepaskan bom , F-16 menyalakan afterburner terlebih dahulu di jarak sekitar 12,5 kilometer dari pembangkit nuklir dan naik ke ketinggian 8.000 ft lalu kemudian meluncur ke bawah dengan kecepatan 600 knots serta melepaskan Mk 84 ketika berada di ketinggian 3.500 kaki.

Senjata-senjata dilepaskan pada target dengan dua gelombang masing-masing oleh empat Falcons. Beberapa misil meleset tetapi misil lain dapat menghancurkan target.

Para penyerang tetap di situs reaktor selama kurang dari dua menit. Tidak ada perlawanan berarti kecuali dari sebuah senjata AAA yang tidak efisien dan beberapa SAM juga sempat diluncurkan Irak tetapi semua meleset.

Saat perjalanan pulang, para Fighting Falcon naik ke 40.000 kaki untuk menghemat bahan bakar dan terbang di atas Jordan. Namun Jordan tidak melakukan tindakan apapun.

Satu F-15 dan satu F-16 dialihkan dari rute yang direncanakan untuk mempersulit setiap upaya pencegatan. Sementara semua pesawat mendarat di Etzion setelah melaksanakan misi selama 3 jam . dan Tidak ada pesawat yg rusak dalam operasi terbesar yg digelar oleh Angkatan udara Israel tersebut .

Lantas belajar dari apa yg terjadi pada peristiwa diatas, maka sudah jelas , segera boyong sistem pertahanan udara jarak menengah seperti S-300, S-350E, S-400 / Sistem rudal MEADS dan lain-lain untuk memperkuat sistem pertahanan udara kita!!

Sumber : Facebook (Info Militer Dunia)

0 komentar:

Posting Komentar